Latest News
Wednesday, May 24, 2017

MENGENAL BURUNG MANDAR KELAM DAN TRIK BERBURU BURUNG MANDAR KELAM

MENGENAL BURUNG MANDAR KELAM DAN TRIK BERBURU BURUNG MANDAR KELAM

Mandar kelam (Gallinula tenebrosa) yaitu spesies burung mandar dalam family rallidae di mana burung ini menyebar di Indonesia, Australia, serta Selandia Baru. Dalam bhs Jawa, burung mandar kelam kerap dimaksud dengan burung (manuk) opel – opelan serta ada yang menyebutnya pitik – pitikan (ayam – ayaman). Seperti apakah burung mandar kelam?


Yaa seperti yang tergambar pada namanya, burung ini berupa seperti ayam dengan cengger merah dikepalanya serta warna bulu hitam pekat. Tetapi butuh diingat kalau burung opelan yang miliki cengger malah yang betina serta yang jantan warnanya abu – abu hitam dengan corak garis – garis. Ukuran burung ini sama juga dengan besar ayam ukuran tengah yakni sedikit semakin besar dari burung dara. Mandar kelam menghuni rawa – rawa di dataran rendah. berenang di dekat vegetasi, beristirahat di panggung – panggung yang terbuat dari rumpun bambu.

Burung ini mengonsumsi tumbuhan serta serangga. Bersarang di pinggir perairan serta jumlah telur waktu sekali bertelur yaitu 5 sampai 18 butir berwarna keputih – putihan. Burung mandar kelam ini jadi binatang yang banyak diburu oleh orang-orang karna banyak hal, yakni karna jumlahnya yang banyak, dagingnya yang enak serta terhitung cukup banyak, serta rutinitas burung mandar kelam yang umumnya mencapai – injak tanaman padi untuk jadikan tempat bertengger hingga bikin beberapa petani berang serta menginginkan memburunya.

Klasifikasi Ilmiah Burung Mandar Kelam mengenai klasifikasi ilmiah burung mandar kelam yaitu seperti berikut :

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordota
Kelas : Aves
Ordo : Gruiformes
Famili : Rallidae
Genus : Gallinula
Spesies : Gallinula tenebrosa
Trick berburu burung mandar kelam

Untuk mengefektifkan saat, segera saja kita ke trick – trick dalam berburu burung mandar kelam ini. Ada banyak langkah yang bisa kita pakai dalam berburu burung mandar kelam, umpamanya saja memakai jaring, pancing maupun senapan angin. Tetapi untuk saat ini saya bakal cuma mengulas mengenai trick – trick berburu burung mandar kelam dengan memakai senapan angin. Untuk cara memakai jaring serta pancing bakal saya ulas lain kali. Tersebut trick – trick yang perlu kita cermati dalam berburu burung mandar kelam supaya kita sukses membawa pulang burung ini.

1. Pellet

Baiknya pellet yang kita pakai dalam memburu burung opelan yaitu pellet yang tetaplah stabil bila terserang angin agak kencang, karna mengingat burung ini ada di tempat persawahan. Pellet yang kita pakai umpamanya serangga yang ditancapkan di bambu serta bambunya ditancapkan ke tanah hingga bambu tak goyang – goyang jika terserang angin.

2. Waktu


Saat yang pas dalam berburu burung mandar kelam yaitu waktu pagi hari serta sore hari. Tetapi saat musim kemarau atau jumlah air sedikit, tambah baik serta lebih enak kita berburu burung ini pada malam hari, karna burung bakal berkumpul ditempat air yang tersisa pada malam hari. Meskipun saat malam hari keadaannya gelap, tetapi berburu burung ini tak semudah yang kita pikirkan karna burung itu juga mempunyai pandangan malam yang begitu baik.

3. Karakteristik burung mandar kelam


Burung mandar kelam adalah burung yg tidak dapat terbang tinggi, tetapi burung ini yaitu penerbang yang lumayan gesit serta yang terhebat lagi burung ini dapat penyelam yang tangguh. Jadi janganlah kaget bila waktu burung telah tertekan serta tiba – tiba burung itu menghilang. Hal itu karena burung ini sesungguhnya menyelam di air untuk hindari pemburu, serta burung ini bisa menahan nafas kurun waktu yang begitu lama.

4. Kostum pemburu


Kostum atau baju yang dipakai pemburu harus juga di perhatikan. Dalam memburu burung mandar kelam, tambah baik bila kita kenakan pakaian yang warnanya nyaris sama juga dengan keadaan persawahan waktu itu, umpamanya bila sawah barusan panen jadi kita kenakan pakaian warna krem apabila sawah dalam kondisi tanaman padi masih tetap muda jadi kita kenakan pakaian warna hijau. Hal itu berperan supaya burung mandar kelam tak berprasangka buruk bila kita menginginkan menangkapnya. Terkecuali baju, pakai juga penutup kepala serta penutup kelapa terbagus yaitu caping.

5. Tujuan tembak


Tujuan tembak paling baik yaitu di tembolok atau kepala. Tetapi kita tak perlu kaget jika kita terasa telah menembak serta mengenainya serta burung itu tetaplah saja masih tetap dapat kabur, karna sesungguhnya burung ini mati tetapi tak mati ditempat. Umumnya, sesudah ditembak burung ini masih tetap dapat jalan sampai 5 hingga 10 mtr. terkecuali jika kita menembak pas tentang di tembolok leher atau kepalanya jadi peluang burung bakal mati di tempat.

6. Sikap pemburu
Jadi bila senapan telah siap jadi kita mesti selekasnya pegang senapan angin nya, janganlah jadi di simpan di bahu menggunakan tali karna burung mandar kelam begitu gesit. Dengan seperti itu, jika kita lihat tujuan jadi kita telah siap menembaknya. Sesudah lihat tujuan, lalu kita jalan di pematang sembari lihat di ruang sawah, waktu tujuan lihat kita jadi mereka bakal jalan menghindar kekiri atau ke kanan, kita ikuti saja pelan – pelan sampai mereka berhenti. Sesudah mereka berhenti cepatlah tembak… Duooaaarrr.. Serta alhasil kita bisa membawa pulang burung mandar kelam.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: MENGENAL BURUNG MANDAR KELAM DAN TRIK BERBURU BURUNG MANDAR KELAM Rating: 5 Reviewed By: Rafi muhammad