Latest News
Tuesday, August 19, 2014

Cara mudah dan murah membuat peredam senyap untuk senapan angin

Peredam / silencer adalah hal yang sangat penting bagi senapan angin kita, terutama jika kita berburu di siang terutama untuk berburu jenis burung, karena kebiasaan burung yang sering bergerombol dalam rombongan pasti akan bubar dengan suara bising dari senapan angin kita.
Dengan peredam super senyap yang terpasang di senapan angin kita maka diharap buruan tak kabur meskipun kita sudah menembak jatuh salah satu dari mereka.
Langsung aja kita menuju ke TKP


1. Pertama kita siapkan dulu paralon logam dari besi atau almunium, untuk lebih mudahnya kita beli aja peredam murahan seharga 25.000an,

2. Buka peredam murahan tadi, boleh dari satu sisi atau keduanya, ingat kalau ada dua type peredam, ada yang menggunakan ulir atau baut dan ada yang model sock, jika sobat putar tutupnya dan tidak mau berputar atau tidak mau terbuka maka berarti itu model sock dan di lem, cara bukanya panaskan pada api, masukkan besi agak panjang melalui salah satu sisi dengan agak dimiringkan dan ketok dengan palu untuk menyodok bagian tutup yang lain.

3. Buat sekat untuk peredam kita, jangan gunakan sekat bawaan, pakailah sekat yang kuat, paling mudah ya gunakan saja tutup bekas air mineral, lubangi tengahnya tapi jangan terlalu besar, buat 2 sekat saja, jadi nantinya akan ada 3 ruang di peredam kita,

4. Beri karpet pada sekat kita tadi, gunakan super glue untuk menempelkannya

5. Masukkan sekat kita tadi, atur jarak kira kira sama antara satu dengan yang lainnya.

6. Ingat, jangan beri apapun seperti karpet atau apapun juga untuk paralon besi kita, kenapa demikian? Simak penjelasan saya berikut, oo.. Iya.. Silahkan coba peredam yang sobat buat tadi dulu, pasti senyap sekali, dan perlu diingat, cari peredam yang agak panjang ya, jangan pilih yang pendek, cari yang ukuran 20 cm atau lebih, kalau terlalu pendek hasilnya kurang memuaskan

Cara kerja Peredam / silencer

Cara kerja peredam yang kami terapkan pada penjelasan diatas adalah dengan memanfaatkan tekanan udara yang keluar dari laras dan pecah dalam ruang peredam dan melewati 3 ruang hingga bunyi yang keluar akan menjadi sangat senyap karena dari laras suara akan pecah ke kolom satu, dan gema dari kolom satu akan masuk ke kolom 2, dan sisa gema dari kolom nomor 2 akan masuk ke kolom tiga, dan akhirnya suara yang keluar dari pucuk peredam akan hilang dan hanya bersisa suara desing dari peluru, sobat hanya akan mendengar suara seperti " cethak" yang sebenarnya tidak keluar dari ujung senapan, tapi suara itu timbul akibat tekanan udara dari tabung yang memukul box peluru kita.
Nah dari penjelasan diatas maka bisa kita simpulkan bahwa semakin besar diameter peredam maka suara akan makin senyap, begitu juga jika semakin panjang, namun jika kita isi dengan karpet maka ruang dalam peredam kita akan semakin sempit, begitu juga jika ruang antara sekat terlalu sempit, yang paling penting adalah kualitas sekat kita, semakin keras bahannya, semakin rapat, maka semakin bagus juga, dan akhirnya suara yang dihasilkan akan semakin senyap.
Jadi kita tak perlu lagi keluar banyak duit untuk beli peredam, ternyata harga bukan satu-satunya hal yang menjamin hasilnya makin bagus, dengan kreatifitas kita maka kita dapat menghemat pengeluaran kita.
Saya sudah coba bandingkan dengan peredam hasil buatan kami dengan peredam dari toko seharga ratusan ribu dan hasilnya mereka masih bilang peredam kami lebih senyap, kami tidak menjual peredam, tapi kami berikan ilmunya kepada sobat semua gratisss... Selamat mencoba, semoga, bermanfaat.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

18 comments:

  1. Coba gan di bikin video trus aplod ke youtube.. di tunggu kreasinya. Thanks

    ReplyDelete
  2. Sudah di ketuk nda bisa lepas penutupnya,peredam sharp,mohon gambarannya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara 1 silahkan coba diputar dulu, barangkali pakai system baut, kalau gak bisa maka brarti yang ngetok kurang kenceng boss, karena ada lemnya kalau dari pabrikan..

      Delete
  3. Replies
    1. maksudnya itu yang diberi karpet sekatnya ndan bukan tabung besinya

      Delete
  4. Idenya bagus bos, tapi mohon ma'af . Produk pabrik memang kurang senyap tapi disisi lain ada kelebihannya juga . Begitu pula sebaliknya ide panjenengan ada kelebihannya juga. Jadi saya rasa itu semua disesuaikan dengan target buruannya misal seberapa sensitif target dan jarak target.. Mohon dingapuuroo boss jngan dianggap kritik anggap aja minyak angin klo orang ponti bilangg..

    ReplyDelete
  5. Idenya bagus bos, tapi mohon ma'af . Produk pabrik memang kurang senyap tapi disisi lain ada kelebihannya juga . Begitu pula sebaliknya ide panjenengan ada kelebihannya juga. Jadi saya rasa itu semua disesuaikan dengan target buruannya misal seberapa sensitif target dan jarak target.. Mohon dingapuuroo boss jngan dianggap kritik anggap aja minyak angin klo orang ponti bilangg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bosss... artikel diatas cuman tips biar ngirit aja kok... kalau masalah kualitas tetep wong jowo kata "ono rego ono rupo" alias "ada harga ada kualitas"

      Delete
  6. Sory gan apa turbolensi nya gk jadi tambah kersa tu..kalau terlalu senyap turbolensinya jadi tinggi..bikin peluru gak tepat sasaran ..lagi kiri lagi kanan jatuh nya pindah"terus..

    ReplyDelete
  7. informasi yang bermanfaat,, kalau untuk sistem kerja Senapan Angin Gejluk Seperti bagaimana ya?

    ReplyDelete
  8. Maaf,tu yg d kasi karpet sekatx atau k3 ruangx

    ReplyDelete

Item Reviewed: Cara mudah dan murah membuat peredam senyap untuk senapan angin Rating: 5 Reviewed By: Mas Tama