Latest News
Friday, August 15, 2014

Kelebihan dan kekurangan berbagai jenis senapan angin di indonesia

Di Indonesia ada beberapa jenis senapan angin yang ada di pasaran, diantaranya adalah multi pump pneumatic (pompa), spring system (per), co2, gejluk dan dan pre charged pneumatic (pcp). Dan pada posting kali in kami akan coba menjelaskan satu persatu kelebihan dan kekurangan senapan angin tersebut, langsung aja kita ke TKP :

1. Multi pump pneumatic / senapan pompa
Senapan yang satu ini menggunakan udara yang dimampatkan pada tabung senapan angin dengan cara memompa lever pada senapan. Biasanya senapan bisa dipompa hingga 16 kali dan hanya bisa digunakan untuk 1 tembakan, dan jumlah pompa biasanya disesuaikan dengan jarak dan jenis sasaran, misal untuk jarak dekat menggunakan 6 pompa dan jika merasa jarak lebih jauh maka pemakai akan menambah jumlah pompa pada senapan anginnya.
harga dari senapan angin pompa sangatlah berfariasi, mulai dari 150.000 sampai dengan 20 jutaan, dan tentu saja harga juga mempengaruhi kualitas dari senapan angin itu sendiri, namun belum tentu yang termahal adalah yang paling baik. Adapun beberapa jenis senapan angin yang banyak dipakai di indonesia adalah sharp inova, sharp tiger, dan sharp dragon, karena type tersebut masuk dalam kategori senapan yang harganya terjangkau yaitu di bawah satu jutaan, namun senapan senapan tersebut adalah beberapa senapan yang sangat mudah untuk di modifikasi menjadi senapan angin yang memiliki power dan akurasi yang sangat mumpuni.
dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa senapan angin pompa memiliki kelebihan antara lain : harga terjangkau, kekuatan dapat disesuaikan,dapat digunakan setiap saat dan dimana saja, tembakan halus dengan sedikit recoil.
Sedangkan senapan angin memiliki kekurangan antara lain: memakan tempat dan waktu dalam memompa, cukup melelahkan ketika memomp, power tembakan tidak begitu besar hanya memiliki akurasi sekitar 30 sampai 50 mete, memakan waktu jika ingin melakukan tembakan kedua karena harus melalui proses pompa terlebih dahulu

2. spring system (per)
 Senapan ini adalah salah satu jenis senapan angin yang menggunakan per untuk mengkompresi udara di dalam silinder dan piston untuk menghasilkan kekuatan. Senapan ini cukup praktis karena hanya membutuhkan 1 kali kokang untuk dapat menembak, namun dibutuhkan kekuatan fisik yang mumpuni juga untuk mengokang senapan ini, dibutuhkan kekuatan sebesar 15kg-20kg. Kekuatan yang dihasilkan memang cukup besar, mencapai 1000fps (feet per second), namun recoil dan suara yang dihasilkan juga sangat besar, kesalahan tekhnik dapat menyembabkan cedera karena recoil yang begitu besar, biasanya terjadi pada bahu. Pemakaian dapat melemahkan per yang digunakan yang berpengaruh langsung pada penurunan kekuatan, namun per untuk senapan jenis ini cukup banyak dijual di pasaran. Kesimpulannya, kelebihan senapan ini antara lain: kekuatan besar, cukup praktis, bentuk bagus. Kekurangannya butuh kekuatan besar, recoil besar, suara besar, berat.

3. Senapan gejluk
Senapan gejluk adalah senapan dengan power besar, dan praktis. Senapan gejluk biasa digunakan untuk berburu medium hingga big game seperti babi hutan, biawak, musang. Senapan gejluk menggunakan pompa kaki yang dikocok hinhga beberapa ratus kali untik menghasilkan bebetapa tembakan. Di indonesia senapan gejluk diproduksi secara lokal dengan kualitas baik seperti gejluk sanaji. Kelebihan senapan gejluk: praktis, kekuatan besar. Kekurangannya lelah memompa, dan masih sedikit yang beredar di pasaran.

4. pre charged pneumatic (pcp)
Senapan pcp mendapat kekuatan dari udara yang dimampatkan ke dalam tabung khusus lalu diintegrasikan dengan senapan, senapan pcp memghasilkan kekuatan yang sangat besar mulai dari 1000 hingga 3000 psi. pcp hanya dapat dipompa melalui tabung khusus yang memiliki tekanan 4800-5000psi, jadi jangan harap tabung ban mobil yang hanya memiliki tekanan 100-200 psi dapat mengisi senapan pcp anda. Dengan sekali pompadari tabung khusus, dapat menghasilkan hingga 40 sampai 100 tembakan yang dapat diatur dengan memutar setelan atau baut tagn terdapat pada tabung pentimpanan gas. Namun, harga tabung khusus pcp tidaklah murah, begitu pula dengan harga senapannya. Kelebihan senapan ini: sangat praktis, kekuatan besar, tersedia dengan ukuran proyektil besar. Kekurangannya: senapan mahal, tabung mahal, penjual terbatas.

3. Senapan Co2
Senapan yang satu ini adalah Senapan yang menggunakan co2 yang dikompresi dalam tabung kecil. Sistemnya sama seperti gbb airsoftgun, namun hanya berbeda proyektil senapan tersedia dengan mode semi auto bahkan full auto, namun senpan yang satu ini powernya tidaklah terlalu besar seperti pcp, meskipun prinsip kerjanya hampir sama, dan yang pasti harga senapan yang satu ini tergolong mahal, jadi sangat sedikit peminatnya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

6 comments:

  1. Mohon maaf, sy mo bertanya, Senapan gejluk ini, sekali pompa berpa kali nembak????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuma sekali gejluk ya gak bisa buat nembak gan..hh

      Delete
    2. minimal 2000 gejluk baru bs nembak 10.x haha ribet

      Delete

Item Reviewed: Kelebihan dan kekurangan berbagai jenis senapan angin di indonesia Rating: 5 Reviewed By: Mas Tama