Latest News
Thursday, December 17, 2015

Alur laras yang tepat untuk senapan angin kita

bicara soal lars senapan angin tentu yang paling cepat terlintas di fikiran kita adalah tentang jumlah alur dan bahan yang dipakai, dan yang paling banyak diperbincangkan adalah jumlah alur senapan angin kita, karena ada yang bilang makin sedikit makin bagus, ada pula yang bilang makin banyak akurasi makin mantab, lalu gimana milihya?
ternyata memang laras adalah yang yang sangat berpengaruh untuk senapan angin kita, tak hanya sekedar akurasi ternyata power juga dipengaruhi oleh laras senapan angin kita, berikut kupasannya..

untuk bahan yang sama, maka rumusnya adalah semakin sedikit jumlah alur pada alaras maka power yang dihasilkan akan semakin besar dan luka robek juga semakin besar, karena pelor akan lebih cepat keluar dan diameter putaran peluru dalam laras lebih lebar.
dan jika alur semakin banyak maka power dan luka robeknya akan semakin menurun mengingat kepadatan putaran pelor dalam  laras yang semakin rapat,namun akurasi dari peluru akan semakin bagus.
untuk jumlah alur yang tersedia dipasaran adalah antara minimal 6 dan maksimal 12 (6, 8, 10,12)
namun perlu diingat juga bahwa selain jumlah alur ada hal lain lagi yang juga mempengaruhi laju pelor kita, yaitu panjang dari laras senapan kita, nah untuk panjangnya sama seperti rumus yang tadi, semakin panjang maka akurasi akan semakin bagus namun power juga akan semakin berkurang.
namun dari kesemuanya itu ternyata yang paling mempengaruhi adalah bahan dari laras senapan angin kita itu sendiri, semakin bagus bahannya maka akan semakin bagus pula power dan akurasinya, karena saya pernah coba untuk laras polygon (alur 6) import, dan yang sangat mengejutkan adalah power yang dihasilkan sangatlah luar biasa, dan akurasinyapun sangat bagus bahkan untuk jarak jauh dan beberapa senapan angin lokal yang saya coba ternyata kalah untuk kemampuan akurasi jarak jauhnya meskipun laras senapan angin lokal yang saya pakai adalah type laras panjang melawan polygon laras pendek..
namun jika dari agan ingin membeli senapan angin atau hanya larasnya saja yang sudah dalam keadaan bekas, maka yang harus agan perhatikan adalah sebagai berikut :

cara memilih laras senapan angin bekas yang masih bagus

posisikan senapan angin dalam keadaaa berdiri, masukkan kertas putih atau bisa juga dengan alumunium coil ke dalam lubang pengisian peluru namun dengan sedikit rongga dibagian atas, sehingga saat kita beri sinar baik dengan sinar matahari ataupun dengan lampu senter maka kita dapat melihat kertas itu atau cahaya yang masuk dari kertas itu melalui  ujung laras senapan angin kita, kemudian perhatikan hal hal berikut ini :

1. laras senapan harus lurus, jangan sampai bengkok, karena jika laras senapan angin kita bengkok maka laju peluru yang dihasilkan akan mengarah acak ke arah bengkokoan itu tadi (tidak lurus) dan akurasipun akan hancur, karena lurus adalah harga mati untuk laras senapan angin, jika lars senapan angin kita tidak lurus maka titik cahaya yang kita lihat akan terhalang seperti saat bulan tidak dalam keadaan bulan purnama, jadi ada bayangannya gitu,

2. laras senapan harus tidak ada karat, karena senapan angin yang berkarat atau rusak di beberapa bagian dalamnya akan menghancurkan akurasi dari senapan angin kita, untuk masalah bahan yang bagus kalau bisa pilih bahan yang jika kita lihat kedalam dengan cara seperti diatas maka laras akan terlihat mengkilap, tidak dove.

 3. laras senapan angin masih rapat, cara mengetesnya adalah dengan memasukkan pelor ke tengah tengah laras menggunakan lidi atau kawat, kemudian kita lihat ketok laras kita, jika peluru terlihat longgar berarti laras sudah sangat aus dan sudah tidak layak lagi, karena jika laras dalam keadaan aus maka akan mempengaruhi power senapan angin kita, karena angin akan menerobos melalui celah celah diantara pelor senapan angin kita.

cukup sekian pambahasan tentang laras senapan anginnya, dan kita akan kembali dengan pembahasan yang lain..
salam satu laras......

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

12 comments:

  1. Sebenernya bagusan bahan dari kuningan atau dari besi sih bos
    Aku punya 3 senapan tiger raja n gejlug
    Kmarin aku nanya ke bengkel waktu mau ganti laras ktanya bagusan yg dari kuningan ngk bakala karat
    Tp karena aku mikir ke dsya tahan aku beli yg dari baja/besi
    Yg jadi pertanyaan soal akurasi dengan panja g laras sama alur sama tapi kefslaman alurnya daleman yang baja bagusan mana bos akurasinya?
    Mohon pencerahanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masalah akurasi sebenarnya sama saja antara laras baja dengan kuningan, namun untuk daya tahan tentu saja baja lebih unggul karena tidak mudah aus, namun yang perlu diketahui lagi adalah baja yang dipakai untuk pembuatan laras juga bermacam macam, ada yang bagus ada yang jelek, untuk yang bagus akan tahan juga terhadap karat dan sangat keras, jadi tidak mudah aus, dan dengan demikian maka laras baja dengan kualitas seperti itu juga akan meningkatkan kecepatan laju peluru kita karena gaya gesek yang semakin berkurang, namun jika kualitas bajanya jelek alias campuran besinya banyak maka laras tersebut akan mudah sekali berkarat, dan jika sudah berkarat biasanya wassalam boss

      Delete
  2. ok,trims infonya gan,, salam kenal probolinggo punya orang!!!

    ReplyDelete
  3. ok,trims infonya gan,, salam kenal probolinggo punya orang!!!

    ReplyDelete
  4. Gan sy ada rencana mau beli snapan standart aja klo boleh tau jnis dn merek ...yg hrga nya gk mahal ...

    ReplyDelete
  5. Apakah ada yang masih jual canon super delux

    ReplyDelete
  6. Para suhu saya lagi nyari loop panjang 70cm,4,5mm dan alur 12, bahan baja, klo ada blh contact kesaya ga 087878372029

    ReplyDelete
  7. Para suhu saya lagi nyari loop panjang 70cm,4,5mm dan alur 12, bahan baja, klo ada blh contact kesaya ga 087878372029

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kalo gini gan kan senapang saya senapang uklik yang powernya rendah ..kalau saya kasih laras super misalnya panjang laras nya 70 cm dan ulir nya 12 .
    Apa akan tambah baik akurasinya sooal nya.. power senapang uklik kan gak terlalu besar ..

    ReplyDelete
  10. Senapan angin pcp yg bagus apa ya bang?saya pemuka

    ReplyDelete

Item Reviewed: Alur laras yang tepat untuk senapan angin kita Rating: 5 Reviewed By: Mas Tama