Latest News
Tuesday, May 6, 2014

cara jitu berburu ayam alas

Sebelum kita memulai perburuan ayam alas alangkah baiknya jika kita pelajari dahulu kebiasaan si ayam alas buruan kita tersebut, berikut cuplikannya:
1. Ayam jantan lebih sering berada di pohon drpd di tanah
2. Ayam betina lebih sering berada di tanah drpd di pohon kecuali saat tidur
3. Ayam jantan sangat sensitif terhadap suara, hati2/ pelan2 saat mendekati buruan.
4. Ayam jantan akan lebih jinak jika ada betina disampingnya.
5. Ayam utan tidak akan kembali menginap ditempat dan pohon yang sama, namun jarak antara tempat satu dengan lainnya tidak terlalu jauh.
6. Tempat sama pohon berbeda.

langkah pertama pastikan senapan angin yang akan sobat gunakan benar-benar akurasinya bagus ( nitik ) agar ketika membidik sasaran tidak meleset.Pastikan lokasi yang akan dituju adalah tempatnya ayam hutan,soalnya belum tentu hutan lebat dihuni ayam hutan.Setidaknya kita cari informasi sama teman2 kita tentang keberadaan ayam hutan.Kalo informasi sudah didapat langsung aja sobat rencanakan kapan huntingnya.Untuk berburu ayam hutan lebih baik kita menunggu buruan keluar,usahakan adzan subuh sobat sudah berada di TKP.biasanya sesudah adzan,ayam hutan pasti akan berkokok.ayam hutan dan ayam kampung berbeda saat berkokok,dan bisa kita bedakan.Ayam hutan saat tidur biasanya diatas pohon,,,tapi tidak terlalu tinggi,saat menjelang pagi tiba dia akan berkokok dan ga lama pati akan turun ketanah mendekati semak-semak.Setelah sobat dengar ayam hutan berkokok,dekati tempatnya dan tunggu saja sampai ayam terlihat.jangan buat bising,,,usahakan tempat menunggu tidak terlihat oleh ayam hutan,bisa kita sembunyi di semak semak yang sekiranya aman.setelah terlihat langsung aja di bidik pas dikepala agar langsung mati,,,,jangan nunggun sampai lama......biasanya ayam betina bergerombol saat pagi hari.....saat sudah mati jangan diambil dulu,,,masih ada gerombolan lain.usahakan bidik dikepala agar ayam mati ditempat ( one shot one kill ),,,,,kalo kena badan pasti ayam akan kabur.....Berburu ayam hutan melatih kita untuk lebih bersabar

Untuk cara yang lebih mudah adalah dengan kita putarkan lagu untuk si ayam, tentunya ya suara ayam yang kita putar, bukan dangdut yks, dengan demikian maka sia ayam akan saling bersahutan dan bahkan akan segera mendekati kita, untuk mendapatkan suara ayam alas silahkan download disini :
download suara ayam alas mp3 : suara ayam alas mp3 download

Tips berburu di Sore/malam Hari:
1. Usahakan kita telah mengetahui dimana biasanya ayam menginap, baik itu dengan cara survei lapangan atau berdasar keterangan orang lain yang bisa dipercaya.
2. Persiapkan senapan dengan baik, pompa dan masukan mimis.
3. Ayam utan biasanya akan berkokok antara jam 5.30 - 06.00 (tergantung cuaca apakah hujan atau terang).
4. Kadang ketika sore hari ayam utan akan berjalan berdampingan dengan pasangannya.
5. Selama berkokok usahakan kita telah dekat dengan sasaran dan mengetahi keberadaan sasaran.
6. Jika telah diketahui silahkan ditembak apakah itu pas masih ditanah atau sudah dipohon.
7. Tembaklah pada kepala atau leher. Jika tidak gunakanlah Ilmu kira-kira dan Ilmu coba-coba(tembak dimana saja kita bisa dan kita mau).
8. Jika anda mempunyai lampu Blor atau senter, lebih enak berburu pada malam hari karena ayam sudah tidur dan kita bisa berada sedekat mungkin dengan sasaran. dengan catatan kita telah mengintainya sampai tahu dimana ayam itu menginap.
9. Jika tembakan kita meleset atau ayam tidak mati seketika, usahakan untuk mengejarnya karena ada kemungkinan ayam utan itu mati ditempat lain.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: cara jitu berburu ayam alas Rating: 5 Reviewed By: Unknown